A. Strategi Layanan
Strategi layanan dari setiap penyedia layanan harus didasarkan atas
dasar pengakuan bahwa pelanggan tidak membeli produk, mereka membeli
kepuasan dari kebutuhan khusus. Oleh karena itu, untuk menjadi sukses,
layanan yang disediakan harus dapat dirasakan oleh pelanggan untuk
memberikan nilai yang cukup dalam bentuk manfaat yang ingin dicapai
pelanggan.
Mencapai pemahaman yang mendalam mengenai kebutuhan pelanggan, dalam hal
apa kebutuhannya, kapan dan mengapa itu terjadi, juga membutuhkan
pemahaman yang jelas tentang persis yang pelanggan yang sudah ada atau
potensi pengguna dari penyedia layanan. Hal ini, pada gilirannya,
memerlukan penyedia layanan untuk memahami konteks yang lebih luas dari
saat ini dan potensi pasar tempat beroperasi penyedia layanan, atau
mungkin ingin beroperasi di dalamnya.
Strategi layanan tidak dapat diciptakan atau ada dalam isolasi strategi
menyeluruh dan budaya organisasi yang dimiliki oleh penyedia layanan.
Penyedia layanan mungkin ada dalam suatu organisasi semata - mata untuk
memberikan layanan pada satu unit bisnis yang spesifik, untuk layanan
unit bisnis, atau mungkin beroperasi sebagai penyedia layanan eksternal
yang melayani beberapa bisnis eksternal. Strategi yang diadopsi harus
memberikan nilai yang cukup kepada pelanggan dan semua stakeholder
penyedia layanan - harus memenuhi tujuan strategis penyedia layanan.
Terlepas dari konteks di mana penyedia layanan beroperasi, Strategi
layanan juga harus didasarkan pada pengakuan yang jelas dari keberadaan
kompetisi, kesadaran bahwa masing - masing pihak memiliki pilihan, dan
pandangan tentang bagaimana penyedia layanan akan membedakan dirinya
dalam kompetisi. Semua penyedia layanan membutuhkan strategi layanan.
B. Resiko
Manajemen yang efektif dari resiko, adalah sebuah masalah penting untuk
semua organisasi yang sukses, dan juga merupakan komponen kunci dari
pemerintahan.
Resiko didefinisikan juga sebagai sebuah kemungkinan yang dapat
mengakibatkan kerusakan atau kerugian, atau mengurangi kemampuan dalam
memperoleh tujuan. Resiko juga dapat didefinisikan sebagai sebuah
ketidakpastian.
C. Jenis Penyedia Layanan TI
Sangat penting untuk mengenali berbagai macam jenis tipe penyedia
layanan TI, walaupun keseluruhannya akan memiliki kesamaan dalam
kaitannya dengan menajemen pelayanan, tapi akan ada sebuah aspek unik
untuk masing-masing jenis penyedia layanan, misalnya mereka yang menaruh
perhatian pada hubungan usaha dengan pelanggan dan penyedia layanan.
Dalam prakteknya, terdapatnya banyak sekali variasi dari jenis penyedia
layanan TI. Penyedia yang berbeda ditandai dengan hubungan mereka dengan
pelanggan dan posisi mereka dalam kaitannya dengan usaha atau layanan
bisnis mereka. Hal ini membantu untuk menyederhanakan kompleksitas dan
mengidentifikasi sejumlah kecil jenis penyedia yang mewakili variasi
lebih luas dalam pasar. Penyederhanaan ini mengarah ke tiga jenis
berikut:
1. Tipe 1 - Penyedia layanan internal
Pada dasarnya ini merupakan jenis unit in-house IT yang biasanya
diposisikan dalam unit bisnis yang mereka layani, meskipun umumnya untuk
unit skala kecil unit IT ini akan dikonsolidasikan ke departemen IT
perusahaan yang memiliki kepentingan sebagai penyeimbang, tuntutan dan
prioritas dari korporasi organisasi ini adalah terhadap setiap individu
unit bisnis.
2. Tipe 2 - Unit penyedia layanan bersama
Disinilah berbagai fungsi cakupan luas, dianggap sebagai non-inti untuk
bisni, dikelompokkan bersama ke unit pelayanan perusahaan bersama.
Fungsi yang terlibat biasanya adalah bidang IT, Keuangan dan SDM,
terkadang juga pelayanan hukum, logistik, dan fasilitas manajemen.
3. Tipe 3 - Penyedia layanan eksternal
Ini merupakan sebuah entitas komersil yang terpisah dari bisnis yang
dilayaninya, dan beroperasi sebagai bisnis kompetitif dalam pasar.
D. Empat strategi P
1. Strategi sebagai Perspective
Ini berhubungan dengan pandangan, tujuaan dan pilosopi penyedia layanan IT untuk melakukan bisnis dengan konsumen.
2. Strategi sebagai Position
Ini mendeskripsikan strategi dalam kebijakan penyedia layanan IT
tersebut dalam layanan yang diberikan (contoh: kualitas tinggi atau
harga rendah, utilitas yang memadai atau garansi).
3. Strategi sebagai Plan
Ini mendeskripsikan strategi sebagai planning yang menunjukkan bagaimana
penyedia layanan IT akan bergerak maju dari di mana hari ini menuju ke
tujuan yang diinginkan
4. Strategi sebagai Pattern
Ini mendeskripsikan strategi sebagai sebuah cara konsisten dalam mengambil keputusan
E. Manajemen Pelayanan Sebagai Alat Strategis
Penggunaan ITIL untuk mengubah kemampuan manajemen layanan menjadi aset
strategis, dengan menggunakan Manajemen Layanan untuk memberikan dasar
bagi kompetensi inti, kinerja khusus dan keuntungan tahan lama, serta
meningkatkan potensi penyedia layanan dari:
Kapabilitas: kemampuan penyedia layanan (dalam hal manajemen, organisasi
proses, pengetahuan dan orang - orang) untuk mengkoordinasikan,
mengendalikan dan menyebarkan sumber daya.
Sumber daya: masukan langsung untuk memproduksi layanan, misalnya
keuangan, modal, infrastruktur, aplikasi, informasi dan orang - orang.
F. Otomatisasi Proses Manajemen Layanan
Otomatisasi proses manajemen adalah penggunaan sistem komputer dan
perangkat lunak untuk mengotomatisasi proses. Proses dapat benar-benar
otomatis, sehingga tidak ada intervensi manusia yang diperlukan, atau
semi-otomatis di mana beberapa intervensi manusia diperlukan untuk
membuat keputusan atau menangani pengecualian.
G. Contoh Layanan Sistem Informasi
1. E-Filing
Menurut situs Ditjen Pajak, e-Filing adalah suatu cara penyampaian Surat
Pemberitahuan (SPT) secara elektronik yang dilakukan secara online dan
real time melalui internet salah satu dari dua kanal online: pertama,
website Direktorat Jenderal Pajak (http://www.pajak.go.id); kedua,
melalui Penyedia Layanan SPT Elektronik atau Application Service
Provider (ASP). Sedangkan, ASP yang telah ditunjuk Direktorat Jenderal Pajak adalah sebagai berikut:
www.spt.co.id
www.pajakku.com
www.eform.bri.co.id
www.online-pajak.com
Layanan e-Filing melalui website Direktorat Jenderal Pajak telah
terintegrasi dalam layanan DJP Online, yang dapat diakses pada tautan
berikut: https://djponline.pajak.go.id. Bagi wajib pajak yang hendak menyampaikan laporan SPT Tahunan PPh Orang
Pribadi dengan menggunakan Formulir 1770S dan 1770SS dapat mengisi dan
menyampaikan laporan SPT-nya secara langsung pada aplikasi e-Filing di
DJP Online milik Ditjen Pajak.
2. E-Commerce
E-commerce merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online
atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat
website yang dapat menyediakan layanan get and deliver. Bukalapak
adalah salah satu apliksi manajemen layanan sistem informasi yang
digunakan untuk membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah
(UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka dengan memasarkan
produk secara online. Bukalapak dilengkapi dengan mesin pencari(search
engine) yang akan memudahkan pencarian barang yang diinginkan, dan
terdapat juga fitur direktori yang dapat dimanfaatkan sebagai catalog
belanja. Bukalapak bekerjasama dengan agen pengiriman besar di Indonesia
yang mempermudah untuk memeriksa status pengiriman barang. Bukalapak
sendiri menjelaskan di situs mereka bahwa keuntungan bagi pembeli dengan
pembayaran yang unik adalah proses verifikasi pembayaran yang instan,
yang memungkinkan penjual lebih cepat menerima order dan barang yang
dijual bisa lebih cepat sampai ke pembeli. Sedangkan untuk penjual,
keuntungan yang ditawarkan adalah perluasan pasar pada para pengguna
unik ini yang ingin membeli di berbagai merchant Bukalapak . Pilihan
pembayaran baru selain yang sudah ada ini ingin memberikan transaksi
online yang lebih cepat dan mudah.
3. E - Banking
Perbankan Elekronik / E-banking yang juga dikenal dengan istilah
internet banking ini adalah kegiatan yang melakukan transaksi,
pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik
bank yang dilengkapi sistem keamanan. Aplikasi teknologi informasi dalam
internet banking akan meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan
produktifitas sekaligus meningkatkan pendapatan melalui sistem penjualan
yang jauh lebih efektif daripada bank konvensional. Tanpa adanya
aplikasi teknologi informasi dalam internet banking, maka internet
banking tidak akan jalan dan dimanfaatkan oleh industri perbankan.
Secara umum, dalam penyediaan layanan internet banking, bank memberikan
informasi mengenai produk dan jasanya via portal di internet, memberikan
akses kepada para nasabah untuk bertransaksi dan meng-update data
pribadinya. Adapun persyaratan bisnis dari internet banking antara lain:
a). aplikasi mudah digunakan; b). layanan dapat dijangkau dari mana
saja; c). murah; d). dapat dipercaya; dan e). dapat diandalkan
(reliable).
Ada beberapa jenis e-banking antara lain adalah :
1. Internet Banking
2. SMS Banking
3. Phone Banking
4. ATM ( Automated Teller Machine)
5. Mobile Banking
Referensi :
- https://media.neliti.com/media/publications/174736-ID-none.pdf
- https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/105581/jurnal_eproc/perancangan-tata-kelola-manajemen-layanan-teknologi-informasi-berdasarkan-iso-20000-dan-itil-v3-service-design-pada-layanan-sistem-informasi-akademik-igracias.pdf
- https://www.s-notess.tk/2016/03/manajemen-layanan-sistem-informasi.html
- https://id.wikipedia.org/wiki/ITSM
- https://id.wikipedia.org/wiki/ITIL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar